Menguatkan Spiritual dan Cita-Cita: SMA Negeri 2 Sidoarjo Gelar Sosialisasi Program Tahsin dan Halal Bersama Generasi Qur’ani

Sidoarjo, 5 Oktober 2024 – SMA Negeri 2 Sidoarjo menggelar sosialisasi kegiatan Tahsin dan Hafala Al-Qur’an (Halal) yang bertema “Menggapai Cita Bersama Lantunan dan Hafalan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an” pada Kamis, 5 Oktober 2024. Acara ini diikuti oleh 145 peserta didik yang turut hadir bersama orang tua mereka.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil (Tahsin) dan mendukung program menghafal Al-Qur’an (Halal) di kalangan peserta didik yang memiliki latar belakang sebagai Hafiz dan Tahsin. Dalam kegiatan ini SMA Negeri 2 Sidoarjo bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo yang diwakili oleh  Dr. Taufik Churahman, M.Ag. Kerja sama itu ditandai dengan adanya penandatanganan  MoU terkait pelaksanaan Penilaian dan Legalisasi Program Tahfidz serta Kelas Tahfidz di sekolah ini

Dalam sambutannya, Dr. Taufik Churahman, M.Ag menekankan pentingnya mendekatkan diri kepada Al-Qur’an di tengah era modern ini. Ia juga menyampaikan bahwa kemampuan menghafal dan membaca Al-Qur’an secara benar tidak hanya akan membentuk pribadi yang religius, tetapi juga mendukung pencapaian cita-cita dan kesuksesan di masa depan.

Tidak hanya itu, acara ini juga menghadirkan narasumber inspiratif, Muhammad Sholah Ulayya, Lc. M.Pd.I, yang memberikan motivasi kepada peserta didik. Beliau menyampaikan pentingnya menjaga semangat dalam menghafal Al-Qur’an serta menjadikan hafalan sebagai salah satu bekal dalam menggapai masa depan yang lebih baik.

Acara yang berlangsung penuh hikmat ini diharapkan dapat mendorong peserta didik SMA Negeri 2 Sidoarjo untuk lebih mendalami Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mempererat hubungan antara siswa, orang tua, dan sekolah dalam mendukung pendidikan spiritual yang holistik.

Dengan adanya kegiatan ini, SMA Negeri 2 Sidoarjo berkomitmen untuk terus memfasilitasi program-program yang mendorong pembentukan karakter peserta didik yang tidak hanya unggul dalam akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai spiritual yang kuat.